Software Grafik Opensource : Blender
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
(Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar
yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari
berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul
efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.)
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
- Microsoft Windows
- Mac OS X
- Linux
- IRIX
- Solaris
- NetBSD
- FreeBSD
- OpenBSD
Salah satu kendala dalam memproduksi film animasi adalah mahalnya biaya
yang dipakai untuk pembelian software. Tapi dengan ‘Blender’, software
3D berbasis open source, semua masalah biaya bisa diatasi. Blender
memiliki banyak sekali kemampuan mulai dari pemodelan 3D, rendering,
shading, animasi 3D, sampai pembuatan game 3D secara utuh.
Panel utama pada Blender yaitu :
MENU
1. File : menu utama seperti pada program Windows lainnya, yang digunakan untuk melakukan new, open, save, close, setting dsb.
2. Add : digunakan untuk menambahkan objek-objek.
3. Timeline : berguna untuk mengatur animasi
4. Game : berguna untuk memulai scripting program game
5. Render : berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help : digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user
VIEW PORT
Pada View Port, terdapat 3 objek yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. Blender juga menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya:
1. Animation
2. Model
3. Material
4. Sequence
5. Scripting
TOOL BUTTON
• Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek.
• Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek.
• Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek.
• Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi.
•
Rotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah),
pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender
kita menggunakan Median Point.
Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling : untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping : untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing : pembuatan textur pada objek.
4. Rigging : untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning : pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi : pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle : untuk pembuatan particle pada objek / model.
SPESIFIKASI
PADA BLENDER
Untuk spesifikasi
yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
Intel pentium
III atau lebih/ AMD dsbg
Ram 64Mb
VGA 4Mb
Disk Space
35Mb
Windows 2000
dan lebih, Linux,
Bagi yang
sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali
menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah
berbeda dengan 3DMax.
FITUR –
FITUR UTAMA PADA BLENDER
Blender adalah perangkat lunak bebas. Hal ini sangat
penuh dengan fitur yang benar-benar menempatkan banyak perangkat lunak
komersial yang meminta uang untuk hampir apa pun.Siapa pun yang pernah
bertanya-tanya tentang komputer-generated imagery harus benar-benarmengabdikan
beberapa waktu luang untuk bermain dengan Blender, dan itu pasti ideal bagi
siswa atau pun mahasiswa yang kreatif dalam menjalankan imajinasinya dalam
animasi yang tidakmampu untuk menghabiskan ratusan pound pada pemodelan dan
software animasi yang mungkin tidak dengan selera mereka.
Blender 3D memberikan
fitur – fitur utama sebagai berikut :
1. interface
yang user friendly dan tertata rapi.
2. tool untuk
membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing,
rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting,
rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross
Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda
gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem
operasi yang lainnya.
4. Kualitas
arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat
dan efisien.
5. Dukungan
yang aktif melalui forum dan komunitas
6. File
Berukuran kecil
7. dan tentu
saja gratis
SYSTEM
REQUIREMENT PADA BLENDER
System
requirement :
Operating
Systems
- Windows XP, Vista or 7
- Mac OS X 10.5 and later
- Linux
- FreeBSD
Minimal specs
for Hardware
- 1 GHZ Single Core CPU
- 512 MB RAM
- 1024 x 768 px Display with 16 bit color
- 3 Button Mouse
- Open GL Graphics Card with 64 MB RAM
Good specs for
Hardware
- 2 GHZ Dual Core CPU
- 2 GB RAM
- 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
- 3 Button Mouse
- Open GL Graphics Card with 256 or 512 MB RAM
FUNGSI MENU –
MENU PADA BLENDER
Di Blender
hanya mempunyai 1 jendela dengan fungsi yang dapat disesuaikan oleh user. Ada
beberapa fungsi dari jendela blender yaitu :
a. Header:
merupakan menu utama blender (terdiri dari file, add, render, help)
b. 3D view :
tampilan objek secara 3 dimensi
c. outlines:
outliner adalah struktur suatu objek atau data
d. Properties
: Panel modifikasi/parameter suatu objeK
e. Timeline :
Untuk playback animasi/video
Fungsi menu 3D
view:
- Toolbar : Toolbar bersifat dinamis sesuai kontek dari objek atau perintah.
- Perspektif/ortho : Keterangan tampilan perspektif/ortho
- Properties : Panel properties untuk fungsi tertentu dari 3D view/objek
- Camera : Objek kamera untuk sudut pandang
- Cube : Objek mesh (kubus)
- 3D Manipulator : Manipulator 3D untuk geser, putar, dan skala objek
- Lamp : Objek lampu untuk memberi penerangan
- Operator : Untuk menampilkan opsi yang sedang aktif
- Editor Type : Tipe editor window untuk memilih fungi
- 3D Widget : 3D manipulator widget
- Mode : Mode objek untuk memperlakukan objek dalam fungsi khusus
- Viewport Shading : Untuk display objek
- Pivot Point : Digunakan untuk memilih pivot point
- Orientation : Untuk orintasi transformasi objek
- Proportional Editing : Mengolah objek secara proporsional dalam mode edit
- Snap Element : Fungsi snapping dalam transformasi
- Layar : Menempatkan objek dalam lapisan tertentu
- Render Preview : Rendel openGL gambar/animasi
Sumber :
http://mhutiarahmah.blogspot.com/2011/12/mengenal-animasi-dengan-blender-3d.html
http://missririn.blogspot.com/2010/12/tools-animasi-memakai-software-blender.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar