Minggu, 14 Oktober 2012

REVIEW SOFTWARE GRAFIK OPENSOURCE : BLENDER

Software Grafik Opensource : Blender
 
Blender adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer.
(Perangkat lunak adalah istilah umum untuk data yang diformat dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud. Istilah ini menonjolkan perbedaan dengan perangkat keras computer).
grafis 3 dimensi (3 dimensi atau biasa disingkat 3D atau disebut ruang, adalah bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. Istilah ini biasanya digunakan dalam bidang seni, animasi, komputer dan matematika. Sistem koordinat Kartesian 3 dimensi: sumbu X, Y, dan Z)
Blender dapat digunakan untuk membuat animasi 3 dimensi.
(Animasi, atau lebih akrab disebut dengan film animasi, adalah film yang merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Pada awal penemuannya, film animasi dibuat dari berlembar-lembar kertas gambar yang kemudian di-"putar" sehingga muncul efek gambar bergerak. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan film animasi menjadi sangat mudah dan cepat. Bahkan akhir-akhir ini lebih banyak bermunculan film animasi 3 dimensi daripada film animasi 2 dimensi.)
Perangkat lunak ini juga memiliki fitur untuk membuat permainan. Blender tersedia untuk berbagai sistem operasi, seperti:
  • Microsoft Windows
  • Mac OS X
  • Linux
  • IRIX
  • Solaris
  • NetBSD
  • FreeBSD
  • OpenBSD 
Salah satu kendala dalam memproduksi film animasi adalah mahalnya biaya yang dipakai untuk pembelian software. Tapi dengan ‘Blender’, software 3D berbasis open source, semua masalah biaya bisa diatasi. Blender memiliki banyak sekali kemampuan mulai dari pemodelan 3D, rendering, shading, animasi 3D, sampai pembuatan game 3D secara utuh.

Panel utama pada Blender yaitu :
MENU

1. File : menu utama seperti pada program Windows lainnya, yang digunakan untuk melakukan new, open, save, close, setting dsb.
2. Add : digunakan untuk menambahkan objek-objek.
3. Timeline : berguna untuk mengatur animasi
4. Game : berguna untuk memulai scripting program game
5. Render : berfungsi untuk melihat hasil rendering dan settingnya
6. Help : digunakan untuk melihat bagaimana blender bekerja dan berbagai jawaban untuk pertanyaan dari user

VIEW PORT

Pada View Port, terdapat 3 objek yaitu Cube, Ligthing dan Camera. Secara default, View Port memiliki axis X dan Y. Blender juga menyediakan berbagai macam tampilan View Port, diantaranya:
1. Animation
2. Model
3. Material
4. Sequence
5. Scripting

TOOL BUTTON

• Transform Manipulator Mode (simbol segitiga merah) digunakan untuk mengambil objek.
• Rotate Manipulator Mode (simbol lingkaran hijau) digunakan untuk merotasi objek.
• Scale Manipulator Mode (simbol persegi biru) digunakan untuk memperbesar atau memperkecil objek.
• Transform Orientation digunakan untuk merubah orientasi saat mentransformasi.
• Rotating / Scalling Pivot (simbol titik hitam beserta tanda panah), pivot adalah titik pusat dari suatu objek, secara default pada blender kita menggunakan Median Point.

Pada blender terdapat beberapa tool untuk membuat objek 3D yaitu :
1. Modeling : untuk pembuatan model pada awal 3D
2. UV Mapping : untuk memindahkan objek berdasarkan vertexnya
3. Texturing : pembuatan textur pada objek.
4. Rigging : untuk pembuatan tulang/ bones pada objek
5. Skinning : pemberian skin pada objek/ model
6. Animasi : pembuatan animasi/ gerakan pada objek dengan mengunakan time line.
7. Particle : untuk pembuatan particle pada objek / model.

SPESIFIKASI PADA BLENDER
Untuk spesifikasi yang dibutuhkan untuk penginstallan software ini sangatlah sederhana
Intel pentium III atau lebih/ AMD dsbg
Ram 64Mb
VGA 4Mb
Disk Space 35Mb
Windows 2000 dan lebih, Linux,
Bagi yang sudah terbiasa menggunakan 3D Max akan sangat kesulitan ketika pertama kali menggunakan Software ini. Karena tampilan interface Software ini sangatlah berbeda dengan 3DMax.
FITUR – FITUR UTAMA PADA BLENDER

Blender adalah perangkat lunak bebas. Hal ini sangat penuh dengan fitur yang benar-benar menempatkan banyak perangkat lunak komersial yang meminta uang untuk hampir apa pun.Siapa pun yang pernah bertanya-tanya tentang komputer-generated imagery harus benar-benarmengabdikan beberapa waktu luang untuk bermain dengan Blender, dan itu pasti ideal bagi siswa atau pun mahasiswa yang kreatif dalam menjalankan imajinasinya dalam animasi yang tidakmampu untuk menghabiskan ratusan pound pada pemodelan dan software animasi yang mungkin tidak dengan selera mereka.

Blender 3D memberikan fitur – fitur utama sebagai berikut :
1. interface yang user friendly dan tertata rapi.
2. tool untuk membuat objek 3D yang lengkap meliputi modeling, UV mapping, texturing, rigging, skinning, animasi, particle dan simulasi lainnya, scripting, rendering, compositing, post production dan game creation.
3. Cross Platform, dengan uniform GUI dan mendukung semua platform. Blender 3D bisa anda gunakan untuk semua versi windows, Linux, OS X, FreeBSD, Irix, Sun dan sistem operasi yang lainnya.
4. Kualitas arsitektur 3D yang berkualitas tinggi dan bisa dikerjakan dengan lebih cepat dan efisien.
5. Dukungan yang aktif melalui forum dan komunitas
6. File Berukuran kecil
7. dan tentu saja gratis
SYSTEM REQUIREMENT PADA BLENDER
System requirement :
Operating Systems
  • Windows XP, Vista or 7
  • Mac OS X 10.5 and later
  • Linux 
  • FreeBSD
Minimal specs for Hardware
  • 1 GHZ Single Core CPU
  • 512 MB RAM
  • 1024 x 768 px Display with 16 bit color
  • 3 Button Mouse
  • Open GL Graphics Card with 64 MB RAM
Good specs for Hardware
  • 2 GHZ Dual Core CPU
  • 2 GB RAM
  • 1920 x 1200 px Display with 24 bit color
  • 3 Button Mouse
  • Open GL Graphics Card with 256 or 512 MB RAM
FUNGSI MENU – MENU PADA BLENDER
Di Blender hanya mempunyai 1 jendela dengan fungsi yang dapat disesuaikan oleh user. Ada beberapa fungsi dari jendela blender yaitu :
a. Header: merupakan menu utama blender (terdiri dari file, add, render, help)
b. 3D view : tampilan objek secara 3 dimensi
c. outlines: outliner adalah struktur suatu objek atau data
d. Properties : Panel modifikasi/parameter suatu objeK
e. Timeline : Untuk playback animasi/video
Fungsi menu 3D view:
  1. Toolbar : Toolbar bersifat dinamis sesuai kontek dari objek atau perintah.
  2. Perspektif/ortho : Keterangan tampilan perspektif/ortho
  3. Properties : Panel properties untuk fungsi tertentu dari 3D view/objek
  4. Camera : Objek kamera untuk sudut pandang
  5. Cube : Objek mesh (kubus)
  6. 3D Manipulator : Manipulator 3D untuk geser, putar, dan skala objek
  7. Lamp : Objek lampu untuk memberi penerangan
  8. Operator : Untuk menampilkan opsi yang sedang aktif
  9. Editor Type : Tipe editor window untuk memilih fungi
  10. 3D Widget : 3D manipulator widget
  11. Mode : Mode objek  untuk memperlakukan objek dalam fungsi khusus
  12. Viewport Shading : Untuk display objek
  13. Pivot Point : Digunakan untuk memilih pivot point
  14. Orientation : Untuk orintasi transformasi objek
  15. Proportional Editing : Mengolah objek secara proporsional dalam mode edit
  16. Snap Element : Fungsi snapping dalam transformasi
  17. Layar : Menempatkan objek dalam lapisan tertentu
  18. Render Preview : Rendel openGL gambar/animasi
Berikut adalah contoh gambar animasi yang menggunakan Blender yang saya dapatkan di link http://www.blender.org/features-gallery/gallery/art-gallery/ :





Sumber :
http://mhutiarahmah.blogspot.com/2011/12/mengenal-animasi-dengan-blender-3d.html
http://missririn.blogspot.com/2010/12/tools-animasi-memakai-software-blender.html










 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar