Sabtu, 06 Oktober 2012

Pengalaman dalam mengembangkan Sistem Informasi

      Assalamualaikum wr.wb. (bagi umat islam) dan salam sejahtera semua bagi para pembaca yang telah berkenan mampir di blog saya ini. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya dalam mengembangkan sebuah Sistem Informasi yang dalam hal ini merupakan tugas dari perkuliahan saya sendiri yang diberikan dari dosen Sistem Informasi yaitu Bapak Parno.
Pertama saya akan menjelaskan terlebih dahulu apa yang disebut dengan Sistem Informasi. Tetapi sebelum saya jelaskan secara lengkap, alangkah lebih baiknya saya pisahkan menjadi apa itu Sistem dan apa itu Informasi. Cara ini membantu kita agar lebih memahami arti dari Sistem Informasi.

      Sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri atas komponen atau elemen yang saling berinteraksi, saling terkait, atau saling bergantung membentuk keseluruhan yang kompleks. Sedangkan Informasi adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta, suatu nilai yang bermanfaat. Jadi ada suatu proses transformasi data menjadi suatu informasi == input - proses – output . Jadi jika kita tala'ah atau kita pahami dari kedua arti tersebut maka arti dari Sistem Informasi adalah Sistem informasi adalah gabungan yang terorganisasi dari manusia, perangkat lunak, perangkat keras, jaringan komunikasi dan sumber data dalam mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam organisasi.

    Pengalaman saya dalam mengembangkan Sistem informasi sangat memberi saya wawasan yang berarti bagi saya karena sebuah output atau informasi yang saya hasilkan sangatlah bermanfaat bagi saya dan InsyaAllah bermanfaat juga bagi semua orang. salah satu contoh ialah ketika saya membuat sebuah program penjumlahan dalam suatu vektor dengan menggunakan bahasa pemrograman Java. Setelah selesai saya buat, saya uji cobakan terlebih dahulu antara menggunakan cara manual atau bisa kita sebut dengan menggunakan cara tulis (cara kita sendiri yang telah diajarkan oleh guru/dosen kita) dengan cara otomatis yang telah saya buat programnya terlebih dahulu pada bahasa Java. Hasil atau output dari kedua cara tersebut ialah sama. Hasil atau output dari cara kedua tersebut berupa informasi yang sangat bermanfaat bagi saya dan InsyaAllah bagi semua karena kita dapat mengetahui hasil penjumlahan vektor yang ingin kita ketahui.

      Dalam mengembangkan program saya ini terdapat suatu kendala yaitu berupa sering terjadi kesalahan algoritma program yang membuat saya harus lebih efesien dan harus lebih fokus dalam mengetahui logika apa yang harus saya gunakan dalam menjumlahkan vektor tersebut. Selain itu, saya juga harus lebih fleksibel jika vektor tersebut dijumlahkan lebih dari 2 vektor yang ada. Misalkan Vektor pertama saya jumlahkan dengan vektor kedua, lalu hasil dari perjumlahan keduanya saya jumlahkan lagi dengan vektor ketiga, dan seterusnya. Dengan semua kendala itu saya harus lebih mengembangkan lagi program yang telah saya buat sebelumnya. Semua hal yang saya lakukan dengan program saya bisa dikatakan bahwa saya telah mengembangkan sebuah Sistem Informasi yang telah anda lihat definisi tersebut bahwa Informasi terbentuk dari input (data) dan di proses melalui sistem sistem tertentu dan setelah itu menjadi output atau informasi yang sekiranya bermanfaat bagi semua dan saya sendiri.

      Demikian yang telah saya ceritakan pengalaman saya dalam mengembangkan suatu Sistem Informasi. Semoga pengalaman saya ini dapat menghibur bahkan membuka wawasan anda dalam terus mengembangkan suatu Sistem Informasi yang dapat berguna bagi sesama. Maaf jika ada kata yang kurang berkenan ataupun sopan terhadap anda para pembaca. Dan saya mengucapkan terima kasih telah membaca isi dari blog saya ini mengenai pengalaman saya dalam mengembangkan Sistem Informasi. Semoga ini bermanfaat bagi semua.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Nama : Rizanuary Fauzi
Kelas : 3IA07



 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar