Senin, 03 Desember 2012

Pembuatan ERD PT.Furniture



                Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ulang atau mereview ulang dari hasil presentasi tugas kelompok yang telah dibuat bersama oleh kelompok saya sebelumnya mengenai pembuatan ERD (Entity Relationship Diagram) salah satu perusahaan pada beberapa minggu lalu dan telah dipresentasikan pula sebelumnya. Hal ini dilakukan untuk memenuhi sebuah tugas yang diberikan oleh dosen saya Ibu Riza yang mengajar pada mata kuliah SBD (Sistem Basis Data) di kelas 3IA07. Beliau membagi kelompok pada kelas kami menjadi beberapa kelompok yang tiap kelompok terbagi menjadi 5 – 6 orang kandidatnya atau anggotanya, dan saya pun masuk kedalam kelompok yang beranggotakan saya sendiri, dan temen temen saya yang terdiri Rina Ravela Susantika, Ayu Fitriyanti, Hasanul Cholid, Ainan Nurizaman, Ledy Sri Rezeki. Dari keenam kelompok yang telah dibentuk, ada bermacam-macam perusahaan yang di review oleh tiap-tiap kelompok, mulai dari alfamart, trans7, SPBU, dsb. Namun, kelompok kami memilih untu mereview mengenai pembuatan ERD pada sebuah PT. Furniture. Untuk itu kami akan memulai menjelasan ulangnya atau review ulangnya mengenai pembuatan ERD pada sebuah PT. Furniture tersebut.
            Pertama saya akan menjelaskan mengenai definisi terhadap ERD itu sendiri. ERD (Entity Relationship Diagram) adalah suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi.
ERD berguna untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol. Pada dasarnya ada tiga simbol yang digunakan, yaitu :
  1. Entity
Entity merupakan objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain (Fathansyah, 1999: 30). Simbol dari entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang.
  1. Atribut
Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips.
  1. Hubungan / Relasi
Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda yang biasanya digambarkan dalam bentuk simbol bergambar layang-layang persegi.
Setelah saya menjelaskan sekilas tentang ERD. Selanjutnya saya akan mengimplementasikan pemahaman atau pengertian tersebut pada pembuatan ERD PT.Furniture tersebut. Di dalam ERD PT.Furniture ini terdiri dari 5 buah entity yaitu berupa Pekerja, Deprtement, Order_Pembelian, Product dan Pelanggan. Dari masing-masing entity tersebut yang ada, memiliki berbagai macam attribute dan jenis attributenya yang mendukung dalam proses pembuatan ERD PT. Furniture tersebut, seperti halnya contoh:
(1) Entity Pekerja memiliki beberapa macam attribute seperti berikut : id_pekerja yang attribute tersebut masuk dalam kategori attribute key (biasanya ditandai dengan garis bawah) yang artinya attribute tersebut memiliki sebuah kode yang berbeda beda dan tidak akan sama dengan yang lain (unik). Selanjutnya nama, tanggal_lahir termasuk dalam kategori attribute single yang artinya adalah attribute tersebut hanya ada satu input yang dapat dimasukkan seperti tanggal lahir (tidak ada seorang manusia yang memiliki tanggal lahir 2 atau lebih tanggal lahir),   alamat_lengkap, nohp, gol_drh, jk, foto, agama.
(2) Departement : id_departement, nama, telp, lokasi.
(3) Order Pembelian: id_order, tanggal_order, via_pengiriman.
(4) Product : id_product, nama, jenis, stok, harga.
(5) Pelanggan : id_pelanggan, nama, alamat_lengkap, nohp, email, fax.
Dari kelima entity yang memiliki berbagai attribute masing-masing yang berguna untuk mendukung pembuatan ERD PT. Furniture ini, terbentuklah jalur yang menyatakan bahwa : - Banyak pekerja yang dimiliki (Relasi Miliki) oleh satu Departement (Many (n) to One (1) ). - Satu Departement menghasilkan (Relasi Hasilkan) banyak product (Many (n) to One (1) ).  - Satu pekerja menangani (Relasi Tangani) banyak order pembelian. - Banyak order pembelian yang dikirim (Relasi Kirim) kepada satu pelanggan. Begitu pula seterusnya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat gambar dibawah ini :
Setelah kita selesai menentukan berbagai macam entity, attribute dan jalur ERD dari PT. Furniture, kemudian kelima entity yang telah kita buat beserta attributenya di implementasikan dalam bentuk tabel yang masing masingnya memiliki field field tersendiri seperti contoh pengimplementasian entity Pekerja yang memiliki salah satu attributenya ialah id pekerja akan dimasukkan kedalam 1 field id pekerja tersebut. Begitu pula dengan attribute attribute yang lainnya. Kemudian pada hasil akhirnya nanti, akan menghasilkan sebuah subquery sebagai penghubung antara product dan pemesanan pelanggan ke department untuk mengetahui berapa banyak product yang ingin di pesan yaitu nama tabel subquery tersebut ialah tabel memuat yang terdiri dari field berikut ini : id_product, id_order, jumlah. Selesai sudah saya menjelaskan ulang atau mereview ulang tugas kelompok yang telah kelompok kami buat bersama sebelumnya dan telah dipresentasikan pula sebelumnya yang bertemakan Pembuatan ERD PT. Furniture. Mudah-mudahan hasil review tersebut dapat berguna sebagai refrensi dan ilmu untuk para pembaca yang ingin mengetahui mengenai ERD dan contoh ERD tersebut. Apabila ada kesalahan kata dalam penulisan yang tidak berkenan dihati para pembaca saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Sekian, dan terimakasih.

1 komentar:

  1. kita juga punya nih jurnal mengenai Entity Realtionship Diagram silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/902/1/10106756.pdf

    BalasHapus